Senin, 08 Februari 2016

7 Tips SEO untuk Blogger

Mungkin diantara teman blogger sudah tau apa itu SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Mesin pencari seperti Google.com, Yahoo.com, Bing.com, Yandex.com dan lain-lain yang menyajikan halaman website kita dalam hasil pencarian website mereka.
7 Tips SEO untuk Blogger

Bagaimana mereka melakukan itu?

Mereka (Penyedia mesin pencari) melakukan iu menggunakan perangkat lunak canggih yang disebut spider. Mempertimbangkan seluruh internet sebagai ruang kosong, dengan partikel udara sebagai website. Setiap langkah kecil, spider menelusuri setiap website dan mengambil informasi data. Begitulah mesin pencari menelusuri melalui website, mengambil informasi data website berdasarkan peringkat. Peringkat sangat penting, sebuah website jika memiliki peringkat yang tinggi dari perhitungan Google, maka akan selalu berada di halaman depan hasil pencarian Google.

Cara SEO Mengoptimalkan Blog Kita

Sebelum memulai dengan 7 Tips sederhana untuk kualitas SEO, penting untuk diingat ada dua tipe dasar SEO seperti dibawah ini:


On-page Optimization

Mengacu pada optimasi konten di dalam website, seperti kode HTML, teks artikel yang kita buat dan serta konten grafis(gambar, foto dan lain-lain).

Off-page Optimization

Off-page Optimization berkaitan dengan hal-hal seperti backlink (hyperlink yang merujuk ke website kita sendiri dari website lain).

  1. Buat Judul Artikel SEO Friendly.
    Judul artikel sangat penting untuk SEO. Setiap teman blogger menulis artikel, pastikan kalian perhatikan judul yang tepat. Buatlah judul yang sederhana, menarik dan deskriptif.
    Buat Judul Artikel SEO Friendly
    Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci di judul dan maksimal dibawah 70 karakter (atau mesin pencari menyesuaikan dengan sendirinya).
  2. Tingkatkan kualitas konten.
    Jika teman blogger berpikir bahwa konten tidak penting bagi SEO, itu salah! Konten adalah bagian penting dari website. Saat menulis konten, jangan Copy and Paste dari website lain, jangan hanya memasukkan kata kunci saja dan jangan hanya memasukkan gambar atau file multimedia lainnya tanpa menulis apapun dari 400 karakter. Itu semua bisa menjadi nilai buruk dan mempengaruhi website teman blogger. Jadi tulislah artikel seoriginal mungkin, gunakan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan konten. Jangan menyimpang dengan konten. Jika dalam konten menggunakan gambar, pastikan nama gambar juga sesuai dengan konten. Contohnya nama gambar "IMG-001-Day.JPG" itu tidak akan muncul dalam hasil pencarian google. Tapi jika nama gambar seperti "tips-membangun-backlink-berkualitas.JPG" itu akan muncul dalam hasil pencarian google. Jangan lupa juga untuk menggunakan konteks teks HTML seperti  <H2>...</H2> untuk heading dll (Lihat Kamus HTML). Mesin pencari sangat menyukai konten yang menggunakan cara ini dan pastikan panjang konten minimal 400 sampai 500 kata (boleh lebih).
    Tingkatkan kualitas konten

  3. Kata kunci adalah kunci.
    Kata kunci penting untuk mencari konten teman blogger.  Penting diingat, jangan memasukkan kata kunci yang tidak tepat pada konten kalian atau tidak sesuai apa yang dibahas dalam konten kalian. Mengapa? hal tersebut bisa membuat konten anda termasuk ke dalam SPAM.

    Kata kunci adalah kunci

    Ideal adalah ketika kalian memillih judul (termasuk kata kunci di dalamnya) dan ditulis di dalam konten, gunakanlah URL konten yang kita buat untuk memberikan link pada judul dan kata kunci di awal paragraf  dan akhir paragraf. Bisa juga menggunakan anchor text sebagai sumber daya yang relevan dari website.
  4. Meta-Tag Penting, Tetapi tidak terlalu.
    Jika teman blogger terlahir di abad 21, Meta tag sudah melakukan semua untuk SEO website. Sayangnya kita tidak merasakan itu. Google dan mesin pencari lainnya telah lama meninggalkan penggunaan meta tag untuk mencari informasi website. Jika seseorang memberitahu kepada kita bahwa meta tag sangat dibutuhkan, maka katakan kembali "meta tag saja tidak cukup" haha.

    Namun,sangat penting untuk menggunakan kata kunci dalam metadata. Beberapa template blog mungkin sudah disediakan oleh pembuat, tapi ada juga yang belum diberikan kata kunci dalam metadata. Kalian bisa periksa di menu template atau bisa periksa melalui browser dengan cara melihat sumber halaman.
  5. Sosialisasi
    Membuat orang lain membicarakan tentang website kita dan membagikan konten kita ke media sosial maupun di blognya. Dari konten yang mereka bagikan, kita akan mendapatkan backlink dari website dengan peringkat tinggi. Hal ini membuat web spiders berpikir bahwa website kita sangat penting, karena setiap orang berbagi konten kita. Ini akan meningkatkan peringkat website kita.
  6. Link Masuk dan Link Keluar
    Hyperlink atau link penting di dalam perspektif SEO. Teman blogger bisa menggunakannya untuk:
    Link ke situs lain, jaringan dan posting, atau bahkan untuk posting sebelumnya (biasa disebut backlink) menggunakan anchor elemen dengan kata kunci.
    Link Masuk dan Link Keluar
    Atau lebih baik, membuat orang lain masuk ke link konten kita dan menyediakan tombol bebarbagi ke media sosial atau website lainnya.

    Dari pernyataan diatas, yang terpenting adalah pengunjung website kita.
  7. Sering Menulis Artikel
    Website yang setiap hari mempunyai konten baru atau dua, tiga konten dalam seminggu jauh lebih baik dari website yang hanya update setiap dua minggu. Semakin sering kita membuat konten akan membuat web spiders datang ke website kita secara teratur, sehingga peringkat website akan meningkat.

    Apakah sudah selesai begitu saja? Peringkat website kalian ada ditangan kalian, bukan ada di Google maupun mesin pencari lainnya. SEO hanya membantu melakukan hal-hal untuk merapikan website kita yang dilakukan secara baik. Ingat jangan Copy dan Paste! Be Original!

Itulah 7 Tips SEO untuk Blogger, semoga bermanfaat.

Poka! Do vstrechi~
kucing cantik
Click for Comments

0 comments