Kamis, 18 Februari 2016

Backup artikel blogmu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan

Akhirnya hari ini saya punya ide untuk membuat artikel, setelah menelusuri dalamnya group facebook untuk mencari inspirasi (lebay). Mungkin beberapa hari kedepan saya mau membuat tutorial-tutorial blogger  untuk orang awam (yang baru terjun di dunia blogging), ya karena saya sendiri pun masih berstatus Newbie huahua. Oke, kalian pasti sudah tau saya akan membahas apa kan? (iyalah liat judul keleus).
blogger imajinasi asha
Siapa yang tau sesuatu saat blog kita akan diblokir google, diblokir kominfo, di hack orang jahat atau lain sebagainya yang intinya kita tidak dapat membuka blog kita lagi. Serem ya? Jelas iya, kita sudah punya artikel banyak dan hilang begitu saja kan rugi waktu (karena mengetik dan memikirkan ide konten). "Lalu bagaimana solusi untuk membackup data blog kita?" Gampang teman blogger, di blogger sendiri sudah tersedia menu backup blog dan backup template (Baca cara backup template). Jadi kalian bisa menyimpan artikel yang ada di blog ke dalam penyimpanan komputer, yang nantinya akan bisa di unggah kembali ke dalam blog.

"Jangan kebanyakan ngomong mbak, langsung saja tutornya!!!" Haha sabar-sabar, oke liat aja deh caranya dibawah (dilengkapi dengan gambar agar lebih mudah dipahami)
  1. Masuk ke blogger masing-masing (jangan ke blogger orang lain atau blogger mantan :p)
  2. Cari menu Settings/Pengaturan (ada disebelah kiri bawah)
  3. Setelah itu pilih Other/Lainnya (ada di kiri paling bawah juga)
  4. Pada bagian Blog Tools ada dua pilihan yaitu Import Blog dan Export Blog.
    Sedikit penjelasan dari saya:
    • Export Blog, Menu ini untuk mengunduh data blog (seluruh artikel dan komentar).
    • Import Blog, Menu ini untuk mengunggah data blog yang sudah di unduh.
    cara export blog
    Keterangan untuk nomor 2, 3 dan 4
  5. Pilih Export Blog
  6. Pilih Download Blog
    cara export blog
    Download Blog
  7. Done!
Untuk mengunggah kembali data blog yang telah diunduh, caranya sama seperti diatas. Hanya saja pada tahap 5 kita harus memilih Import blog lalu klik tombol pilih file. Kemudian klik tombol Import Blog (lihat gambar dibawah ini)
cara import blog
Import Blog

Oke selesai sudah cara unduh blog yang kita punya, Semoga bermanfaat :)
Poka! Do vstrechi~
Kucing cantik
Click for Comments

0 comments