Jumat, 16 September 2016

Berkunjung ke Rumah Maya Kania

Selamat malam teman-teman, hari ini saya sempatkan untuk ngeblog karena ada deadline dan telat. Berkunjung ke Rumah Maya Kania, eits bukan rumah beneran ya, tapi blog. Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan nama blog Rumah Maya Kania.
Berkunjung ke Rumah Maya Kania
Oke saya perkenalkan terlebih dahulu yang akan saya bahas pada post ini, mba Kanianingsih yang biasa dipanggil mba Kania (Saya panggilnya mba Nia). Beliau ini momblogger dari Tangerang yang bisa saya bilang sangat suka sekali menulis. Apa alasannya? mba Nia ini mempunyai 4 blog berbeda niche yang selalu konsisten menulis di keempat blognya dan sudah menghasilkan 7 buku (WoW). Buku-buku karya mba Nia diantaranya adalah:
  1. Novel Anak "Sekolahku", Penerbit Puspaswara 
  2. Antologi cerpen remaja "Nana Jatuh Cinta", Penerbit Dar!Mizan.
  3. Antologi cerpen "Can You Keep The Secret?", ShofieMedia, 2005.
  4. Novel remaja "Supergirl Patah Hati", Penerbit Puspaswara
  5. Antologi cerpen "Yang Datang Berulang", Penerbit Malka.
  6. Antologi kisah nyata "Hati Ibu Seluas Samudera", Penerbit Sixmidad, 2014.
  7. Antologi tulisan "Ramadhan In Love", Penerbit Indiva, 2015.

Seperti post sebelumnya, saya akan membahas isi blog dan kali ini blognya mba Nia yang akan saya ulik isinya (bisa dibilang mereview). Yang bisa saya bahas di blognya mba Nia mungkin Menu, Label dan Tampilan.

MENU

Ya, menu adalah menu (apasih). Pada menulah kita bisa menemukan konten yang kita cari pada sebuah website/blog. Kita bisa lihat pada menu utama pada blognya mba Nia ada enam menu. Home, Petualangan Za & Ra, Bersenang-senang di dapur, Kania dan buku, Disclosure dan Tentang saya. Hanya ada tiga menu yang terhubung langsung pada blog intinya mba Nia, Home, Disclosure dan Tentang saya. Tiga menu lainnya link ke blog mba Nia yang berbeda.

Mungkin untuk pengunjung yang baru datang atau awam agak sulit untuk menemukan sesuatu (yang ada dihatiku *nyanyi) di blognya mba Nia ini. Kalau boleh saya kasih saran bisa ditambahkan satu menu untuk perkategori yang dijadikan satu pada menu turun kebawah (dropdown).

POST LABEL

Apa post label itu? bisa dibilang ini kategorinya blogger, karena mba Kania hanya menyediakan enam menu yang tiga menunya hanya dilempar ke blog lainnya mba Nia. Jadi pada post label ini, saya atau pembaca lainnya bisa mencari konten yang ingin dicari berdasarkan label.

Berikut 5 post label yang saya suka:
  • Dunia Menulis
  • Kuliner
  • Pendidikan
  • Tips
  • Tutorial

Saya akan memberikan sedikit gambaran apa saja yang ada pada lima label diatas. Mungkin lima label yang saya suka ini bisa jadi rekomendasi untuk kalian yang mau jalan-jalan ke blognya mba Nia :)

Dunia Menulis

Isi dari label ini bisa dibilang memang dunianya menulis. Ada artikel untuk menyemangati kita untuk menulis, ada juga cara untuk menulis di blog dan ada juga tulisan-tulisan seperti cerita yang mungkin curhatan dari mba Nia :D.
Tulisan favorit: Kapan Nulisnya? (Alasannya saya kadang suka males ngeblog T_T, baca ini semoga bisa semangat dan bisa memanage waktu untuk ngeblog dengan baik).

Kuliner

Yap, makanan! Saya paling senang dengan kategori/label yang satu ini haha. Pada label ini kalian bisa melihat rekomendasi makanan dalam maupun luar negeri dari mba Nia (lebih banyak dalam negeri), ada juga cara untuk membuat suatu masakan sendiri di rumah.
Tulisan favorit: Cara Praktis Membuat Sup Sedap Nan Bergizi (Alasannya saya suka masak yang simple, sehat dan pas dikantong. Walaupun bukan resep, tapi tipsnya bermanfaat bagi saya).

Pendidikan

Sebagai guru les rumahan, saya suka dengan label yang satu ini. Sebagai referensi saya pribadi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang dapat saya bagikan pada murid-murid saya nantinya. Sayangnya di label ini masih sedikit yang ditulis oleh mba Nia, Semoga kedepannya akan ditambah lagi post pada label ini.
Tulisan favoritTips Sukses Seminar Skripsi (Alasannya tipsnya bener banget sama yang saya alami dulu saat mau skripsweet dan saya dapat nilai A juga sama dengan mba Nia).

Tips

Label ini kumpulan tips dari berbagai label yang ada pada post blognya mba Nia. Ada tips berbelanja online, tips merawat diri (kecantikan), tips ngeblog dan masih banyak lagi.
Tulisan favorit: Tak Ada Televisi, Masih Ada 3 Hal Ini (Alasannya semenjak saya kerja sudah sangat jarang untuk menonton tv. Pagi beragkat kerja, pulang istirahat sebentar langsung mengajar les, setelah itu tidur mengumpulkan energi untuk esok pagi. Tapi memang benar nyatanya saya malah lebih sering mendengar radio saat dikantor >_<).

Tutorial

Kebetulan saya juga blogger tutorial, tapi tutorial mba Nia ini bisa saya bilang ada semua. Misalnya saya blogger tutorialnya hanya dibidang teknologi saja, tapi kalo mba Nia ini universal.
Tulisan favorit: Membuat Gambar Ber-url Dalam Postingan (Alasannya simple, saya suka tutorial berbau blog. Hmm yummii >_<).

Sebenarnya masih banyak post label lainnya yang bisa kalian lihat sendiri di blognya mba Nia (www.rumahmayakania.com).

TAMPILAN

Kalau membahas tentang tampilan blog itu sama saja kita berbicara tentang seni dan selera. Mungkin saya bilang tampilan ini A, tetapi orang lain bisa saja bilang tampilan ini B. Jadi ini pendapat saya dari segi tampilan blognya mba Nia:
  • Tampilan yang belum responsive
    Mba Nia ini masih memakai template blog yang belum responsive, tapi untuk tampilan mobile sudah disesuaikan.
  • Font
    Tipe dan warna font saya rasa sangat baik. Mudah dibaca dan warna merahnya tidak terlalu terang. Pokoknya cucok deh.
  • Kotak pencarian
    Saya rasa kotak pencarian di blognya mba Nia terlalu ke bawah, mungkin kalau dipindahkan ke atas Featured post atau About me akan mempermudah pengunjung yang ingin mencari konten.
  • Sitemap
    Mungkin kalau blognya mba Nia ditambah menu sitemap/peta situs akan membantu pembaca lebih mudah mencari konten yang dicari.
Contoh sitemap:

Memuat konten...



Oke itu saja yang mungkin bisa saya bahas di blognya mba Nia, kurang lebihnya mohon maaf (kaya pidato ya >_<). Kalian juga bisa berkunjung ke blognya mba Nia yang lainnya petualanganzara.com. Bagi yang suka baca buku, coba-coba main ke kaniadanbuku.blogspot.co.id. Bagi yang suka masak, kalian bisa berkunjung ke bersenangsenangdidapur.blogspot.com.

Poka! Do vstrechi~
kucing pokemon
Click for Comments

0 comments