Senin, 12 Desember 2016

Belajar meresensi buku bersama Nyi Penengah Dewanti

Siapa yang belum mengenal Nyi Penengah Dewanti? Beliau adalah blogger Kendal dan penulis buku novel. Sudah banyak buku yang sudah diterbitkan oleh Nyi. Tidak hanya buku novel, ada 107 antologi yang diterbitkannya. Kesuksesan Nyi berawal dari membuat puisi, cerpen, artikel, ngeblog dan akhirnya membuat novel.
Belajar meresensi buku bersama Nyi Penengah Dewanti
Di awal postingan di blognya www.nyipenengah.com pada tahun 2011, Nyi Penengah meresensi buku-buku yang sudah dibacanya. Di dalam blognya juga banyak tips-tips untuk merensensi buku. Disini saya jadi teringat sewaktu sekolah dulu, saya dan teman-teman dibimbing cara meresensi cerita pendek oleh guru Bahasa Indonesia. Seluruh siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan kami disuruh mencari satu cerita pendek yang akan kami pilih sebagai bahan untuk resensi kami. Setelah kami menemukan satu cerita pendek, guru kami pun memulai membimbing kami cara untuk meresensi bukunya. Dulu kelompok kami berhasil membuat resensi bukunya. Namun saat ini saya sudah lupa cara meresensi buku. Agar saya ingat kembali caranya, yuk ikutin saya membahas sedikit blog yang sudah Nyi posting tentang resensi buku.

Sebelum meresensi buku kita harus membaca dulu isi buku tersebut. Nah berikut langkah cepat menguasai isi buku :
  1. Memperhatikan judul, sub judul, bagian-bagiannya, paragraf, gambar, hingga tabel sebagai satu kesatuan, memperhatikan judul dengan seksama, apa implikasi-implikasinya, dan melihat pembagian-pembagian selanjutnya untuk mendapatkan apresiasi struktur tulisan.
  2. Menguasai ide pokok dan tidak terjebak kepada contoh yang bertele-tele.
  3. Membuat catatan yang berkaitan dengan buku yang kita baca.
Mau tahu lebih lengkapnya? Nih baca: Langkah Cepat Menguasai Isi Buku.

Setelah membaca bukunya, kita harus memahami betul tujuan si pengarang buku tersebut.
Sebagai peresensi, kalian menyadari sepenuhnya tujuan meresensi karena sangat menentukan corak resensi yang akan dibuat.

Kalian juga dituntut untuk paham betul dengan latar belakang pembaca yang menjadi sasaran kalian: selera, pendidikan, status sosial, dsb.
Sebagai peresensi, kalian tentunya harus paham dengan visi dan misi setiap media massa. Tujuannya, supaya kita tahu harus dikirim ke mana jika naskahnya adalah begini dan begitu.

Kemudian selain hal mendasar tadi, ada tahap persiapan sebelum merensi yang harus kalian siapkan dan tahap akhir adalah menulis hasil resensi.

Mau tahu apa saja yang perlu disiapkan dan poin yang perlu diperhatikan saat menulis hasil resensi? Baca: Belajar Meresensi.

Dari sedikit yang sudah dijelaskan tadi, saya sudah sedikit mengingat apa saja yang diperlukan saat ingin menulis resensi dan apa saja yang dicari saat ingin meresensi buku. Terima kasih Nyi Penengah Dewanti atas ilmu yang sudah di bagikan :)

Facebook: nyipenengah
Twitter: @NyiPenengah
Instagram: @nyipenengah

Poka! Do Vstrechi~
Kucing Galau
Click for Comments

0 comments