Minggu, 05 Maret 2017

Belajar Menjadi Ibu dari Lendy Kurnia Reny

Seorang ibu akan lupa lelahnya mengandung selama 9 bulan dan lupa akan sakitnya melahirkan. Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Allah. Ibu juga yang merawat anaknya sampai ia besar. Namun banyak anak yang lupa betapa lelahnya perjuangan ibu mereka. Rela mempertaruhkan nyawa untuk anaknya, rela berkorban supaya anaknya selalu mendapatkan yang terbaik. Nah supaya kita bisa membimbing anak kita menjadi anak yang shaleh dan shalehah kita harus belajar menjadi ibu yang patut dicontoh untuk anak-anak kita. Karena saya belum menjadi ibu maka saya harus belajar dulu dari mba Lendy untuk bekal kelak saya akan menjadi seorang ibu yang baik untuk anak-anak saya.
Belajar Menjadi Ibu dari Lendy K. Reny

Oh iya perkenalkan dulu, mba Lendy Kurnia Reny adalah pemenang arisan blog ke 19. Beliau merupakan blogger Bandung dan mom blogger yang membahas soal parenting. Sisi lain dari mba Lendy adalah pecinta drama korea (jadi inget sama Kim Bum, ulala~). Udah yuk lanjut ke materi yang akan kita pelajari.

Di dalam blog mba Lendy ada 10 materi yang membahas mengenai parenting. Saya tidak akan membahas semua materi yang diberikan secara rinci. Saya hanya membahas point-point penting untuk pembelajaran kita menjadi seorang ibu. Jika kalian mau materi yang lebih lengkap bisa mengunjungi blog mba Lendy yaitu www.lendyagasshi.com.

Materi Pertama : Overview Ibu Profesional

Menurutku menjadi seorang ibu yang profesional adalah ibu yang bisa menjaga anaknya dan bisa mengurusi suami beserta rumah dengan baik.
Ada 4 tahapan yang harus dilalui oleh seorang Ibu Profesional yaitu :
a. Bunda Sayang
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anak-anaknya.

b. Bunda Cekatan
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga yang unggul.

c. Bunda Produktif
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan rasa percaya diri  ibu, dengan cara senantiasa berproses menemukan misi spesifik hidupnya di muka bumi ini. Sehingga  ibu bisa produktif dengan bahagia, tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya.

d. Bunda Shaleha
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan peran ibu sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat, sehingga keberadaannya bermanfaat bagi banyak orang.

Dari keempat point diatas, bisa kita simpulkan bahwa menjadi seorang ibu tidak hanya pintar di dunia namun juga pintar akhiratnya agar kelak anak yang kita didik menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa dan agamanya.

Materi Kedua : Sesi Tanya-Jawab Materi 2 Matrikulasi Koordinator IIP

Di materi ini mba Lendy hanya menyuguhkan sesi tanya jawab. Di dalam tanya jawab itu saya menemukan cara memanajemen waktu untuk para ibu-ibu. Berikut pijakannya:
Untuk perempuan yang sudah berkeluarga maka, pijakannya adalah sebagai berikut:
Bunsay – Buncek – Bunpro – Bunshal

Sedangkan untuk perempuan yang belum berkeluarga atau sudah berkeluarga belum punya anak, maka bisa diubah ke:
Buncek – Bunpro – Bunshal – Bunsay

Bagaimana dengan para perempuan yang sudah berkeluarga tapi karena kondisi ekonomi harus masuk bunpro terlebih dahulu. Maka harus menginvestasikan waktu lebih banyak untuk menguatkan bunsay dan buncek. Karena Bunda Produktif yang tidak didasari ilmu bunda sayang dan bunda cekatan, biasanya akan timpang dan terjadi ketidakseimbangan dalam hidupnya. Maka penuhi dulu ilmunya, Allah-lah yang akan memahamkan kita, seiring berjalannya waktu.

Materi Ketiga : Membangun Peradaban Dari Dalam Rumah

Sebelum membangun rumah tangga ada bimbingan pra nikah, nah yuk pelajari sekarang.
a. Bagi anda yang sedang memantaskan diri untuk mendapatkan jodoh yang baik, tulislah suara hati anda dengan tema “UNTUKMU CALON IMAMKU”
b. Lihatlah diri anda, tuliskan kekuatan potensi yang ada pada diri anda.
c. Lihatlah orangtua dan keluarga anda. Silakan belajar membaca kehendakNya, mengapa anda dilahirkan di tengah-tengah keluarga anda saat ini dengan bekal/senjata potensi diri anda. Misi rahasia hidup apa yang DIA titipkan ke diri kita. Tulis apa yang anda rasakan selama ini.
d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? Adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa  anda dihadirkan di lingkungan ini?

Cobalah buat jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan diatas. Sudah pantaskah anda untuk menikah? Menikah berarti mempunyai tanggung jawab extra untuk mengurus hidup pasangan anda.
Kalo ada yang sudah berkeluarga, ada juga nih bimbingan untuk yang sudah berkeluarga, lihat disini ya: http://www.lendyagasshi.com/2016/11/materi-3-membangun-peradaban-dari-dalam.html

Baru tiga materi yang saya baca, ternyata sudah banyak ilmu yang saya dapatkan. Jika anda ingin mendapatkan banyak ilmu tentang menjadi seorang Ibu yang baik untuk anak-anak anda, Kunjungilah blog mba Lendy. Dijamin ilmu kalian bertambah dan sukses menjadi ibu terbaik, Amin.

Poka! Do Vstrechi~
kucing setia
Click for Comments

0 comments